Selasa, 22 Januari 2013

Seleksi Alam


Apakah Seleksi Alam Itu?
            Pada tahun 1800-an Darwin mengemukakan suatu teori yang sampai saat ini masih diterima orang, meskipun ada juga yang meragukannya. Teori ini dikemukakan oleh Darwin setelah dia melakukan perjalanan panjang dengan kapal HMS Beagle. Dalam perjalanan ini rombongan HMS Beagle telah melakukan penyelidikan di pantai timur dan barat Amerika Selatan. Di dalam penyelidikan itu, Darwin menemukan beberapa fakta yang sangat menarik perhatiannya. Berdasarkan fakta itu Darwin membuat kesimpulan bahwa : Individu yang memiliki sifat yang paling sesuai untuk lingkungan tertentu yang dapat bertahan hidup dan mampu menghasilkan keturunnya.
            Dalam kehidupan sehari-hari seleksi berarti pemilihan, dan alam berarti lingkungan dimana makhluk hidup tinggal. Jadi seleksi alam adalah pemilihan yang dilakukan oleh alam terhadap makhluk hidup yang ada di dalamnya, makhluk hidup yang sesuai dengan alam akan terus hidup sedangkan yang tidak sesuai akan mati yang pada akhinya punah.
            Menurut teori ini, alam dengan berbagai keterbatasannya menyeleksi setiap individu. Individu-individu yang sesuai dapat bertahan dan lolos dari seleksi itu untuk selanjutnya dapat melanjutkan keturunannya.
            Bayangkan kamu berada di sawah, di sana sini terlihat padi tumbuh dengan suburnya. Bayangkan pula bahwa di sawah itu terdapat dua jenis belalang yaitu belalang coklat dan belalang hijau. Menurutmu jenis belalang mana yang yang akan mudah punah oleh pemangsa belalang? Di dalam kamus ini alam “melakukan seleksi” terhadap jenis belalang melalui factor penyeleksi, yaitu burung pemakan belalang.

Bukti-bukti adanya Seleksi Alam
            Para ahli meyakini bahwa seleksi alam itu ada dan berlangsung setiap saat terhadap semua individu organisme. Alam melakukan seleksi melalui berbagai factor seperti misalnya keterbatasan makanan, keterbatasan ruang tempat hidup, pemangsa, suhu yang panas atau yang dingin, dan sebagainya.
            Bukti-bukti secara tidak langsung yang mendukung bahwa seleksi ala mini ada antara lain sebagai berikut:
  1. Organisme memproduksi keturunannya lebih banyak dari pada yang bertahan hidup.
  2. Ditemukan adanya variasi di antara individu-individu di dalam satu jenis. 
  3. Beberapa variasi dari anggota populasi berhasil bertahan dan menghasilkan keturunan lebih baik dari pada yang lainnya.
  4. Dengan berjalannya waktu, individu-individu anak yang memiliki variasi yang menguntungkan, akan mendukung pertumbuhan populasi.
Seleksi alam memberikan hasil berupa individu-individu yang memiliki sifat yang paling baik dan paling cocok dengan lingkungannya. Oleh karena itu pada teori ini terdapat konsep yang sangat penting, yaitu “survival of the fittest”.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks ya..

Posting Komentar